Lebaran 2012 : Tradisi Lebaran Di Indonesia

Judul :Lebaran 2012 : Tradisi Lebaran Di Indonesia. Label: , .
Lebaran 2012 : Tradisi Lebaran Di Indonesia. Lebaran di manapun berada pasti memiliki tradisi-tradisi unik terutama di indonesia sebagai negara terbesar umat islamnya didunia. Lalu tradisi apakah yang ada pada saat lebaran di indonesia? Berikut ini tradisi-tradisi yang ada , disajikan oleh bacaankeluarga.blogspot.com untuk sobat pecinta bacaan keluarga.

1. MUDIK
Ibarat sayur tanpa garam , demikian pula ibarat lebaran tanpa fenomena mudik. Tradisi pulang ke udik [pulang ke kampung] sebagai suatu tradisi untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan para saudara, kerabat, handai tolan, yang ada di kampung (idenya memanfaatkan waktu libur lebaran yang cukup panjang dengan bersilaturahmi mengunjungi saudara, khususnya orang tua).

Mudik adalah tradisi terbesar di indonesia yang dilakukan oleh puluhan juta warganya setiap tahunnya.

2. HALAL BI HALAL
Lepas sholat ied , para tetangga saling menggunjungi dan saling bersalaman , berangkulan memohon maaf satu sama lain. Istri sungkem kepada suami , anak kepada orang tua , adik kepada kakak... adalah salah satu tradisi terindah dan mengharukan selama lebaran. Halal bi halal bahkan sekarang berkembang melalui media online tanpa mengurangi rasa silaturahmi satu apapun.

3. TAKBIR KELILING
Malam di akhir bulan ramadhan , semua orang menggaungkan takbir atas kemenangannya sebulan lebih menahan lapar dan hawa nafsu berpuasa dibulan ramadhan. Takbir di dengungkan di masjid-masjid bahkan keluar berarak-arakan , berpawai... bertakbir keliling berbagi kebahagiaan bersama.

4. RAMPAK BEDUG
Menabuh bedug atau bunyi-bunyian yang berasal dari Bedug di lakukan berjamaah, bersama sama sehingga menghasilkan suara yang menghentak dan membangkitkan semangat dan biasanya di barengi dengan takbir di Masjid atau Mushola

5. KETUPAT LEBARAN
Biasanya setelah Sholat Idul Fitri maka sepulang Sholat Idul Fitri kita akan banyak menemui di rumah rumah hidangan ketupat lebaran, hidangan ini akan semakin maknyuss apabila disajikan dengan sayur godok campuran pepaya muda di potong kecil-kecil, tempe di potong dadu, kacang panjang di potong kecil kecil dan diberi kuah santan atau disajikan dengan sayur opor ayam, rendang/semur + kerupuk.

6. MENGIRIM MAKANAN
Saling mengirim makanan dalam wadah rantangan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya (sebagai wujud saling terjalin-nya persaudaraan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya)

7. TUNJANGAN HARI RAYA
Biasanya di berikan kepada anak anak kecil, ketika bersilaturahmi (halal bi halal) dengan tetangga atau saudaranya dan biasanya juga di lakukan oleh perusahaan dengan memberikan tunjangan tersebut kepada karyawannya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri (pelaksanaan dan tata caranya sudah di atur oleh pemerintah)

8. BAJU BARU
Merupakan simbolik kemenangan atas kembalinya hati menjadi fitri (bersih) kembali dan telah terleburnya semua dosa dosa seperti bayi yang baru di lahirkan.

9. ZIARAH KUBUR
Merupakan tradisi yang mengakar kuat di masyarakat selepas Sholat Idul Fitri - menggunakan moment di hari yang fitri untuk pergi ke makam [berziarah kubur] mendoakan para leluhur dan keluarga yang telah wafat.

10.REKREASI ATAU PIKNIK
Menghabiskan waktu libur dihari raya lebaran biasanya ada 2 yaitu saling mengunjungi rumah saudara dan berpergian ke tempat wisata. Tradisi ini membuat tempat-tempat wisata mendadak penuh dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga.

11. PETASAN
Meski jauh-jauh hari sudah ada himbauan dan razia , petasan tetap muncul disana sini . Kenapa dia susah diberantas? karena ini adalah tradisi! Tradisi sejak jaman nenek moyang dulu yang berhasil mengalahkan penjajah dan merayakannya dengan meletuskan senjata sebagai lambang kemenangan melawan musuh.

Semoga artikel Lebaran 2012 : Tradisi Lebaran Di Indonesia ini bermanfaat , jangan lupa di share dan di LIKE ya... makasih.

Langganan via email

Enter your email address: