Info Mudik 2012 : Tips Mudik Aman

Judul :Info Mudik 2012 : Tips Mudik Aman. Label: , . Info Mudik 2012 , Tips Mudik 2012 secara Aman
Info Mudik 2012 : Tips Mudik Aman. Merayakan Hari Raya Idul Fitri 2012 paling afdol jika kumpul bersama keluarga dan untuk menuntaskan 1 bulan ibadah kita berpuasa dengan bersilaturahmi dan bermaaf-maafan kepada sanak keluarga , handai tulan dan kerabat serta relasi lainnya.

Bagi yang keluarganya berada di kampung halaman , lebaran adalah saatnya mudik. Segala persiapan kudu di rancang dengan baek-baek mulai dari urusan kantor , urusan meninggalkan rumah jadi kosong hingga urusan mencari media transportasi untuk mudik. Untuk masalah media transportasi ada pilihan lain selain membeli tiket yaitu ikut mudik gratis bareng 2012 yang disediakan oleh kemenhub baik menggunakan kapal TNI AL , bus-bus yang disediakan jasa raharja ataupun mudik gratis yang disediakan tahunan oleh para perusahaan di jakarta seperti mudik bank BNI , carefour mudik ataupun mudik bareng alfamart.

Berikut ini tips mudik 2012 yang disajikan oleh bacaankeluarga.blogspot.com bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman : 

1. Berdoa sebelum memulai perjalanan
Hidup mati kita ada ditangan Allah , oleh sebab itu berdoa sebelum memulai perjalanan mudik adalah kewajiban pertama yang harus dilakukan oleh anda para pemudik agar diberkahi keselamatan baik dalam perjalanan berangkat maupun pulang serta perjalanan selama acara mudik seperti berkunjung ke sanak keluarga lainnya ataupun ke tempat hiburan.


2. Cek Kondisi Rumah
Jangan lupa , serahkan dan titipkan rumah anda kepada tetangga ketika berpamitan ke mereka untuk mudik. Panggil kepala keamaan disekitar kawasan rumah untuk titip rumah , berikan uang keamanan ke mereka karena sudah berjasa meluangkan waktu di hari libur untuk menjaga rumah yang kita tinggal mudik.


Jangan lupa , cabut semua peralatan elektronik dan saklar pusat listrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan ketika mudik. Kompor gas , juga wajib dicopot selangnya untuk mengantisipasi kebocoran gas yang dimungkinkan terjadi selama kita tinggalkan untuk mudik.


3. Cek Kesehatan Peserta Mudik

Sebelum mulai perjalan , cek satu persatu kesehatan para peserta mudik agar bisa dipersiapkan segala sesuatunya jika terjadi penurunan kesehatan atau terjatuh sakit selama diperjalanan. Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.


4. Daftar barang bawaan
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

5. Cek kondisi kendaraan
Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

6. Cek perlengkapan kendaraan
Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

7. Bawalah sparepart cadangan
Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

8. Kotak P3K
Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

9. Hiburan
Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

10. Peta
Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana Anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan. Anda bisa mendapatkan peta mudik di sini:

11. Layanan gratis otomotif
Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

12. Baterai , Charger dan pulsa
Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

13. Bekal Makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri. Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken. Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

14. Kebelet Pipis
Ini adalah masalah rutin para pemudik. Untuk anak-anak dan laki-laki sih hal ini bukan masalah besar, tinggal berhenti saja di pinggir jalan dan beres deh. Tapi untuk para wanita ini bukanlah hal yang mudah. Untuk mengatasinya carilah pompa bensin yang besar pasti ada toiletnya yang cukup bersih, bila kotor, cari lagi berjalan beberapa kilometer. Atau anda bisa juga mencari Wartel, Kantor Polisi, Pusat Pertokoan, Losmen, Hotel, Masjid, dll.

15. Raja Setan Jalanan
Yang harus diingat adalah jika kita berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura adalah siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi, mereka ini "Raja Setan Jalanan Pantura". Jangan coba-coba adu balap meski kita ada di jalur yang benar. Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada Bus yang melancangi truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan minggir ke kiri.

Bahkan bila perlu turun/keluar dari jalan aspal. Jangan ambil resiko, lebih baik mengalah. Bukankah Anda dan keluarga ingin tiba di kampung halaman dengan selamat?

16. Si Keong dan Si Kura-Kura
Lain bus lain lagi truk gandeng maupun truk engkel. Kalau truk-truk ini dikenalnya sebagai si Keong atau si Kura-Kura karena begitu lamban jalannya. Bagi mereka yang sering lewat Pantura pasti tahu betapa menjengkelkannya kendaran ini. Sudah jalnnya lambat, mereka 'ngotot' berjalan di jalur kanan pula.

Jika bertemu dengan tru jenis ini kita harus ekstra sabar dan hati-hati, cobalah menyalip dari sebelah kiri. Minta co-driver melihat ke depan apakah lajur depan sebelah kiri kosong dan aman untuk menyalip atau tidak? Yang perlu diperhatikan adalah apakah di kiri depan ada motor,becak, sepeda, mobil mogok/parkir, lobang, jembatan sempit, dll.

Bila aman tak ada halangan menyaliplah "dari jalur kiri" dengan tetap waspada, apalagi kalau yang disalip itu konvoi truk yang panjang.

17. Obat-Obatan
Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu! Terutama untuk anak-anak.

18. Arus Balik dan Pulang Balik
Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

19. Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Semoga bermanfaat. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan.
Jangan lupa , jika artikel Info Mudik 2012 : Tips Mudik Aman ini bermanfaat silahkan di share ke teman-teman lainnya yang juga mudik dan silahkan menambahi tips ini melalui kolom komentar.

Langganan via email

Enter your email address: