Puasa Ramadhan: Menu sehat sahur

Judul :Puasa Ramadhan: Menu sehat sahur. Label: , , , . Jika sebelumnya dibahas menu sehat berbuka puasa , kali ini kita bahas menu sehat untuk sahur. Kira-kira menu asupan seperti apakah yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar kuat menahan diri tidak mendapatkan asupan selama lebih dari 12 jam? Yuk , kita bedah satu persatu.

Sahur = Sarapan = Makanan Bergizi


Santap sahur  tidaklah beda dengan sarapan , itu sebabnya menu sahur harus memperhatikan kandung nutrisi yg cukup dan juga cairan. Dan makanan berupa nasi dan kentang sebagai sumber karbohidrat dengan tambahan protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe) dan protein hewani (seafood, unggas, daging ) adalah pilihan tepat sebagai menu sehat sahur. Tentunya dengan tidak melupakan sayuran dan buah-buahan segar dengan penutup minuman susu kedelai, susu skim atau susu segar .




Asupan Buah Buahan - Makanan Berserat

Jangan lupa buah-buahan dan sayuran karena serat sangat dibutuhkan bagi pencernaan yaitu membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela-sela usus.












Variasi Menu Sahur


Tentu jika menu yang itu-itu saja , sahur akan terasa membosankan oleh sebab itu ada baiknya jika ada variasi Menu: Hal ini tidak saja untuk menjaga semangat dan selera makan sahur namun juga sebagai pelengkap nutrisi lain yang diperlukan tubuh yang dimungkinkan sebelumnya tidak terpenuhi oleh menu sahur sehat sebelumnya.

Ide variasi menu sehat sahur :

- Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis.

- Mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap.
- Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. 

- Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran.

- Dan masih banyak lagi ide-ide yang diambil dari makanan favorite anda.



Makanan Segar dan Hangat


Menu Sehat Makanan Sahur sebaiknya disajikan dalam kondisi Segar dan Hangat. Agar selera dan kenikmatan rahsa serta kandungan nutrisi menu sahur terjaga sehingga kebutuhan gizi tubuh terpenuhi. Untuk sayur gunakan sayuran yang segar dengan disajikan sesaat kemudian setelah sayuran diolah. Dan untuk menamba selera dan kesegaran makanan maka sajikan juga buah-buahan segar. Dan jangan pernah menyajikan makanan sisa pada saat berbuka puasa. Itu akan mengurangi kandungan gizi pada makanan sahur anda.



Praktis Penyajiannya


Praktis, bukan berarti makanannya tidak bergizi. Hindari penggunaan mie instant sebagai pilihan menu yang praktis karena mie instant sangat tidak baik bagi kesehatan apalagi orang yang berpuasa karena tidak saja membuat perut mudah lapar namun juga membuat perut terasa perih dan mie instant mengalami pengolahan yang buruk dalam pencernaan.








Perhatikan Menu Minuman




Banyak-banyak minum air putih, itu wajib hukumnya. Dan jangan jadikan susu sebagai minuman utama karena susu adalah minuman pelengkap. Perbanyak minum air putih dan sajikan variasi menu makanan sahur yang mengandung banyak air seperti makanan yang disajikan dalam bentuk kuah. Buah sebagai makanan penutup juga bisa menjadi media penyuplay kandungan air bagi tubuh atau disajikan dalam bentuk jus buah.






Hal-hal yang perlu diperhatikan :

Gorengan dan kuah santan adalah makanan yang berlemak tinggi adalah makanan yang wajib kita kurangi karena beberapa makanan tersebut tidak saja berat dan susah dicerna oleh tubuh namun juga menjadi penyebab tubuh akan keluar banyak cairan.

Makanan manis adalah untuk berbuka puasa jadi tidak cocok untuk sahur karena jika kebanyakan makanan manis akan cepat membuat tubuh kita lapar nantinya. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi yang cepat, tapi tidak untuk jangka panjang.

Seperti penjelasan diatas bahwa sahur adalah pengganti sarapan oleh sebab itu kandungan gizi yang dibutuhkan sebagai bahan penghasil energy bagi tubuh WAJIB menjadi perhatian utama. Terlebih jika anda adalah seorang wanita hamil yang berpuasa , perhatikan asupan gizi tidak hanya bagi anda tapi juga bagi kandungan atau janin yang ada dalam perut anda.

Semoga bermanfaat,
Jangan sungkan untuk comment dan di share ke teman-teman yah :)


Langganan via email

Enter your email address: