Info Mudik 2012 : Perbanding Mudik di Siang hari VS Mudik di Malam hari

Judul :Info Mudik 2012 : Perbanding Mudik di Siang hari VS Mudik di Malam hari. Label: , .
Info Mudik 2012 : Perbanding Mudik di Siang hari VS Mudik di Malam hari  Mudik dimalam hari lebih enak karena tidak saja karena tidak berpuasa namun juga karena malam hari dia tidak panas , tidak terasa berdebu dan cenderung jalanan sepi tapi penerangan yang minim sangat membahayakan dibandingkan perjalanan di pagi atau siang hari. Meski sebenarnya anda bisa menggunakan mudik gratis via kapal dan bus Apa sih perbandingan mudik di siang dan malam hari? Apa saja yang perlu anda perhatikan ketika mudik di siang hari maupun malam hari ? Berikut ini artikel Perbanding Mudik di Siang hari VS Mudik di Malam hari  disajikan oleh bacaankeluarga.blogspot.com untuk anda pembaca setia blog ini , semoga bermanfaat.

Mudik di siang hari


Nah, kalau Anda pilih siang, ada bagian dari kendaraan yang perlu diperiksa. Selain itu, ada yang perlu dipersiapkan untuk teman perjalanan. Apa saja itu?



1. Cek sistem pendingin mesin
Berdasarkan pengalaman, jalur mudik biasanya macet, plus cuaca yang panas tentu sangat menyiksa mesin. Agar perjalanan lancar, pastikan sistem pendingin mesin (radiator, water pump, v-belt, dan selang-selangnya) bekerja optimal dan dalam kondisi bagus. Jangan lupa bawa cairan pendingin radiator cadangan, sekring, dan selang karet buntu.


2. Cek sistem AC 
Pastikan sistem pendingin ruangan bekerja baik. Suhu panas bisa memicu stres dan kelelahan lebih cepat.


3. Perhatikan tekanan angin ban 
Sangat berbahaya bila tekanan angin pada ban sampai kurang dan mobil membawa beban banyak. Jika ditambah menerima panas dari permukaan jalan, maka hal itu bisa menimbulkan pecah ban. Pastikan tekanan angin sesuai denngan rekomendasi pabrikan. Saat penambahan angin, sebaiknya ban dalam kondisi dingin.


4. Siapkan minuman dan makanan ringan
Jus segar, minuman isotonik, air putih dalam kemasan wajib ada di kabin. Minuman-minuman ini bisa memberi asupan energi pada tubuh dan menggantikan cairan yang keluar bersama keringat. Sapa tau tar ga ketemu tempat buat berbuka lumayan buat sementara 


5. "Sunglasses" 
Tak cuma membuat Anda tambah keren (cantik) saat mengemudi. Kacamata ini sangat membantu mengurangi silau akibat sorotan matahari.


6. "Car entertaiment" Siang hari
Peluang Anda dan penumpang untuk beristirahat sangatlah kecil. Hiburan di mobil bisa membantu mereka terlelap atau mengurangi kebosanan. Pengemudi juga terbantu dari serbuan rasa kantuk. Pilihan lagu-lagu atau film-film favorit adalah solusi tepat, termasuk membawa majalah atau game portable.


Mudik dimalam hari


Perjalanan atau bekendara dengan mobil pada malam hari memang lebih menyenangkan, terutama dari segi fisik dan kenyaman dalam perjalanan, tapi dibalik itu banyak hal yang bisa merugikan jika tidak diperhatikan dengan baik. Terutama saat mudik lebaran, banyak hal yang tidak biasa akan dihadapi dalam sebuah perjalanan jarak jauh, volume kendaraan yang meningkat dan emosi cenderung berbeda dengan perjalanan pada hari biasanya. Nah, berikut adalah tips bagi anda yang akan menempuh perjalanan mudik di malam hari dengan menggunakan mobil atau kendaraan roda empat :


1. Cek lampu
Lampu utama (jauh dan dekat), sein, dan lampu belakang (termasuk rem) harus berfungsi dengan baik dan bersihkan kacanya. Agar mendapat sinar yang terang, kendaraan lain (baik dari depan atau belakang) bisa melihat dan kondisi jalan terpantau.


2. Bersihkan kaca
Semua kaca, baik depan, belakang, maupun samping harus bersih. Bila kotor (terutama depan dan belakang) terkena cahaya, maka kaca bisa menyilaukan karena kotoran tersebut memecahkan cahaya yang jatuh ke permukaan.


3. Atur pencahayaan interior
Bila pencahayaan panel instrumen bisa diatur, silakan setel pada ukuran yang paling rendah agar tidak membuat mata silau dan cepat lelah.


4. “Sunvisor”
Fungsinya tak cuma untuk menangkal sinar matahari. Saat berkendara malam pun, benda ini bisa digunakan untuk menghalangi sinar lampu jalan.


5. Spion
Atur spion luar untuk mereduksi blind spot dan pantulan menyilaukan dari mobil yang di belakang. Setel spion dalam pada posisi “malam hari”. Jadi, pandangan mata jangan persis di bagian tengah kaca.


6. Kecepatan
Jangan mengemudi terlalu kencang. Atur agar kecepatan sesuai kondisi jalan. Terbatasnya penglihatan pada malam hari bisa mereduksi kemampuan mendeteksi bahaya di depan. Jagalah jarak karena, bila terjadi sesuatu di depan, Anda punya waktu untuk menghindar.

Sekarang pilihan ada ditangan anda , sebaiknya pikirkan masak-masak sebelum memutuskan akan memilih mudik di siang hari atau mudik di malam hari. Namun ada pilihan lain yang bisa anda pilih yaitu memanfaatkan mudik gratis yang disediakan oleh beberapa pihak spt: Mudik gratis bareng BNI , Mudik bareng gratis bersama Carefour , Mudik gratis Alfamart Selamat mudik!


Semoga artikel Info Mudik 2012 : Perbanding Mudik di Siang hari VS Mudik di Malam hari ini bermanfaat dan silahkan di share ke teman-temannya yg membutuhkaan.  

Langganan via email

Enter your email address: