Info Mudik 2012: Tips Mengatasi Kantuk Mudik Berkendaraan

Judul :Info Mudik 2012: Tips Mengatasi Kantuk Mudik Berkendaraan. Label: , .
Info Mudik 2012: Tips Mengatasi Kantuk Mudik Berkendaraan. Bagaimanakah cara mengatasi rasa kantuk ketika mudik ? Berkendaraan sendiri adalah salah satu alternatif yang banyak dipakai oleh para pemudik baik itu menggunakan sepeda motor maupun mobil. Dan musuh utama para pemudik dengan kendaraan sendiri adalah masalah KANTUK selain masalah performa kendaraan... bahkan berdasarkan catatan pihak kepolisian 80% kecelakaan pemudik dijalan dikarenakan oleh "Mengantuk'. Oleh sebab itu kantuk harus dijadikan musuh bersama para pemudik dan harus dipersiapkan antisipasinya ketika dia datang menyerang , berikut ini tips mengatasi rasa kantuk yang disajikan oleh bacaankeluarga.blogspot.com untuk para pemudik ( untuk keperluan peta online silahkan klik disini : Peta mudik 2012 ) :

1. Berdoa
Mulailah perjalanan anda dengan berdoa terlebih dahulu.... dan sering-seringlah banyak berdzikir selama perjalanan karena dzikir membantu kita untuk fokus mengendarai dan menghindari rasa kantuk.

2. Peregangan Otot
Gerakan seluruh badan anda agar aliran darah menjadi lancar , kantuk lebih disebabkan oleh kekurang supplay oksigen ke otak. Dengan peregangan otot diharapkan tubuh berdetak dan kembali mengalirkan oksigen ke otak. Lakukan pemanasan ( peregangan , pelemasan otot-otot yang tegang dan olahraga kecil ) sebelum berangkat sehingga badan anda menjadi segar dan prima ketika akan memulai perjalanan mudik.

3. Cuci Muka
Ya , mencuci muka bisa membuat anda menjadi lebih segar dari kelelahan berkendaraan. Berhentilah sejenak dan cuci muka anda agar lebih segar , menyisihkan waktu barang sejenak lebih berharga daripada anda mengalami kecelakaan akibat rasa kantuk yang tidak mampu anda tahan.

4. Makan dan Minum - minuman tanpa alkohol
Makan dan minum secukupnya sebelum mengemudi, jangan berlebihan karena justru akan membuat anda kantuk dan jang minum alkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin. Jika anda berpuasa sebaiknya lakukan perjalanan pada malam hari tapi tentunya anda harus ekstra waspada karena penerangan lampu yang kurang dan kondisi kantuk akan lebih mudah menyerang anda.


Ketika rasa kantuk menyerang diperjalanan , makanlah dan minumlah barang sedikit agar membantu anda tenang dan menghilangkan rasa lapar yang menjadi pemicu rasa kantuk. Makanan pedas dan Minuman dingin sangat membantu untuk menghilangkan rasa kantuk. Jika perjalanan anda memenuhi kriteria golongan yang boleh untuk tidak berpuasa , silahkan tidak berpuasa dan bayar puasanya dikemudian hari.


5. Istirahat / Berhenti sejenak
Jika semua aktivitas diatas tersebut tidak bisa membuat rasa mengantuk anda berkurang, segeralah berhenti di tempat yang aman. Misalnya di warung makan atau warung kopi. Lebih bagus lagi jika anda mencuci muka lagi. Jika berhenti di warung kopi tidak ada salahnya untuk meminum sedikit kopi panas untuk menghilangkan rasa mengantuk.


6. Mendengarkan Musik 
Jika merasa jenuh dalam berkendara ada baiknya anda memutar musik favorit anda dan bisa mendengar kan musik (mobil khususnya). Tapi hati-hati jangan sampe kehilangan fokus anda dalam berkendara.

Lanjutkan perjalanan anda jika sudah benar-benar kantuk hilang.

Mudik dengan kendaraan sendiri memang memiliki resiko yang cukup tinggi oleh sebab itu harus menjadi pilihan terakhir sebab banyak pilihan yang anda bisa pilih seperti mudik via kapal TNI , mudik via bus jasaraharja , Mudik dengan bus BNI , mudik pesawat dengan carefour ataupun mudik dengan alfamart.
Semoga artikel Info Mudik 2012: Tips Mengatasi Kantuk Mudik Berkendaraan ini bermanfaat bagi anda calon pemudik , jangan lupa share artikel ini ke teman, saudara dan kerabat lainnya yang akan turut mudik agar perjalanan menyenangkan tanpa rasa kantuk dan selamat hingga tempat tujuan.

Langganan via email

Enter your email address: