Sejarah Kemerdekaan : Perang - perang besar di masa perjuangan kemerdekaan RI

Judul :Sejarah Kemerdekaan : Perang - perang besar di masa perjuangan kemerdekaan RI. Label: , .
Sejarah Kemerdekaan : Perang - perang besar di masa perjuangan kemerdekaan RI. Negara ini merdeka tidak gratis , perjalanan panjang dilalui dengan pengorbanan darah dan nyawa untuk menegakkan kemerdekaan demi kedaulatan sebagai sebuah bangsa, yaitu bangsa indonesia. 350th dijajah belanda , sama dengan negara ini diperbudak belanda selama 7 turunan ( 50th perturunan ) dan selama itu pula bangsa ini berjuang mengusir penjajah tersebut.

Namun , seringkali bangsa ini lupa sejarah sehingga sakit hati dan pengorbanan para pejuang bangsa dilupakan begitu saja , perjuangan menuntut permintaan "MAAF" ke belanda atas dosa-dosa mereka mandek dan mati suri. Yang ada malah sekarang bangsa ini dirampok habis-habisan oleh koruptor , untuk mengingatkan kembali perjuangan para leluhur kita maka tim bacaankeluarga.blogspot.com menyajikan artikel perang-perang besar kemerdekaan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di SHARE atau LIKE ya :

Pertempuran surabaya 10 november 1945 ( surabaya ) 


Gencatan senjata tentara indonesia dengan pihak sekutu justru berbuntut ke insiden jembatan merah. Brigjen mallaby yang saat itu berpapasan dengan milisi indonesia terlibat baku tembak sebab kesalahpahaman semata dan menimbulkan kematian mallaby yang menyebabkan kemarahan tentara sekutu. Mayjen robert mansergh yang menggantikan mallaby lalu mengeluarkan ultimatum 10 november 1945 yang menghendaki pihak indonesia untuk menyerahkan semua persenjataan dan mengibarkan bendera putih. Tidak diindahkan, maka salah satu perang sangat destruktif di indonesiapun tidak terelakkan. inggris mengerahkan 30. 000 infanteri, sebanyak pesawat terbang, tank, dan kapal perang buat mengepung surabaya. Arek-arek surabaya tidak mengenal kata menyerah, dengan perlengkapan seadanya, mereka mengambil keputusan akan memberi perlawanan. 6. 000 rakyat indonesia tewas dan 200. 000 berikutnya mesti mengungsi. Peristiwa surabaya ini menjadi penyemangat bagi daerah lan dalam usaha mempertahanan kemerdekaan di lokasi lain.

Bandung lautan api ( bandung ) 

Ultimatum tentara sekutu pada tentara rakyat indonesia untuk meninggalkan kota bandung menyebabkan salah satu gerakan sangat spektakuler di histori perang indonesia ini. Sadar bahwa kemampuan senjata tidak lagi berimbang dan kekalahan telah tentu di depan mata, tri tidak rela bila sekutu memakai bandung menjadi pusat militer buat menginvasi lokasi yang lain. Menurut hasil musyawarah, sesuatu tindakan bumi hangus dipilih akan memastikan perihal ini tidak terjadi, walhasil 200. 000 penduduk bandung membakar tempat tinggal mereka mulai kurun waktu 7 jam dan berbarengan bergerak mengungsi ke lokasi selatan

Operasi trikora ( irian barat ) 

Operasi trikora digelar dengan satu tujuan utama yang simpel tetapi jelas dengan beraneka usaha : berencana, menyiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer buat menggabungkan irian barat dengan indonesia. Belanda yang keras kepala dan tidak mau menyerahkan irian barat pada indonesia mesti rasakan konsekuensi yang tidak mudah dari keputusannya tersebut. Berbekal persenjataan berat yang baru saja didapatkan dari uni soviet, sesuatu operasi militer besar-besaran dikerahkan ; terbesar yang sempat dikerjakan indonesia sepanjang sejarah

Serangan umum 1 maret 1949 ( yogyakarta ) 

Indonesia makin berani saat perlengkapan senjata dan koordinasi militernya yang masih muda awali tunjukkan potensi pertahanan yang cukup kuat. belanda yang di saat itu masih menjajal usaha invasi keduanya datang seolah tidak terbendung. tetapi, tni tidak tinggal diam. Sesuatu rencana serangan disusun untuk tunjukkan bahwa indonesia tidak sebatas mempunyai sesuatu kekuatan sesuatu negara berdaulat, namun juga eksistensi badan militer. Yogyakarta dipilih menjadi arena pembuktian, tak hanya menjadi ibu kota, yogyakarta saat itu juga memuat banyak wartawan asing yang signifikan untuk publisitas dan memperkenalkan indonesia. Serangan diawali waktu fajar, berlangsung mulai 6 jam, dan berhasil memukul mundur belanda.

Pertempuran laut aru ( maluku ) 

Tidak diragukan lagi, perang laut sangat dramatis yang sempat terjadi di indonesia adalah pertempuran laut Aru yang adalah bagian dari operasi trikora. Tiga kapal perang tempur indonesia yang ditugaskan lakukan operasi penyusupan, RI matjan tutul, RI matjan kumbang, dan RI harimau, mesti berhadapan dengan sesuatu takdir buruk.

Operasi yang seharusnya berjalan rahasia ini nyatanya terendus oleh pihak otoritas belanda, mereka kirim dua kapal type destroyer dan pesawat tempur untuk menenggelamkan ketiga kapal perang indonesia. Tetapi, dengan heroiknya, RI matjan tutul mengambil keputusan untuk maju dan mengalihkan perhatian musuh, berikan peluang pada dua kapal yang lain untuk melarikan diri. Komodor yos sudarso wafat didalam pertempuran ini.

Operasi dwikora ( malaysia )

Kekhawatiran soekarno bahwa malaysia dan kalimantan utara akan jadi kaki tangan kolonial membuat operasi dwikora dikerahkan. Malaysia yang saat itu ada di bawah wewenang kekuasaan inggris diberikan peluang untuk lakukan referendum dan memutuskan nasibnya sendiri. Tetapi, masyarakat malaysia waktu itu justru awali menghasilkan sikap anti-indonesia dan meludahi tanah air kita, soekarno yang marah mengambil keputusan untuk berperang. Sebuah pidato populer, ganyang malaysia, juga diproklamasikan waktu itu. Perang agen rahasia, sabotase, dan militer terbuka dikerahkan, indonesia mesti melawan tiga negara sekalian : malaysia, inggris, dan australia.

Perang gerilya soedirman 

Tidak ada masyarakat indonesia yang tidak mengenal sosok kharismatik, jenderal soedirman. Didalam keadaan kesehatan yang apalagi tidak sangat mungkin untuk bergerak sendiri, jenderal soedirman terus memimpin pergerakan dari atas tandu. Taktik utamanya yaitu dengan bergerilya, menyerang pasukan musuh, dan sesudah itu bersembunyi. Beliau adalah ahli perang yang mumpuni dan kerap berhasil menyerang pasukan belanda dan sekutu di titik-titik pertahanan yang berdampak signifikan. Sayangnya, beliau mesti kalah pada ketidakberdayaan melawan penyakit tuberkolosis yang makin kronis.

Perang ambarawa ( semarang )

Sekutu tidak pernah berhenti berulah. Kedatangan awal di semarang untuk semata mengurus tahanan perang jepang justru berbuntut jadi kekacauan. Rakyat marah saat lihat para tahanan yang sebagian besar adalah eks-tentara belanda tersebut justru dipersenjatai. Serangan dilancarkan oleh tentara keamanan rakyat yang berhasil memukul mundur pasukan sekutu sehingga mereka terpaksa bertahan di kompleks gereja. Tanggal 12 desember 1945, kesatuan-kesatuan TKR datang untuk menyerang dan mengawali perang mulai 1, 5 jam. lewat kiat flanking, indonesia berhasil merebut ambarawa dan memukul mundur sekutu.

Puputan margarana ( bali ) 

Puputan adalah tindakan sangat patriotik yang ada didalam sejarah indonesia. Puputan adalah kebiasaan masyarakat bali akan memberikan perlawanan terhadap siapa pun agresor yang berani menyentuh tanah air sehingga titik darah penghabisan. Tidak ada kata mundur, tidak ada kata menyerah. Salah satu perang puputan sangat dramatis adalah puputan margarana yang dipimpin oleh i gusti ngurah rai. Didalam usaha mempertahankan desa marga dari serangan nica, ngurah rai yang berhasil merampas senjata api dari tentara belanda berkomitmen buat mengobarkan perang perlawanan sehingga titik darah penghabisan. Tentara belanda yang pernah kewalahan dan kalah terpaksa menghendaki pertolongan bagi sebagian besar pasukannya di bali dengan mengirimkan pesawat pengebom dari makassar untuk membasmi perlawanan ini. 96 orang tewas, terhitung i gusti ngurah rai. dari pihak belanda ? lebih kurang 400 orang tewas.

Merenungi betapa bangsa ini dibangun dengan jiwa dan darah perjuangan maka sudah sepatutnya para generasi muda tidak mensia-siakan semua yang mereka korban bagi bangsa ini. Yuk , kita bangun bangsa ini dengan kegiatan kecil dan sederhana yaitu "Memperbaiki diri" baik itu ibadah maupun prilaku dan mari kita tularkan energy positif ke siapa saja untuk berterima kasih kepada leluhur bangsa ini dengan melakukan hal yang terbaik untuk bangsa ini.

Menyebarkan informasi ini adalah salah satu cara membangkitkan nasionalisme yang hampir menjadi barang mahal di negeri ini , yuk kita SHARE dan LIKE artikel Sejarah Kemerdekaan : Perang - perang besar di masa perjuangan kemerdekaan RI ini agar membangkitkan nasionalisme ke masyarakat indonesia yang lainnya.

Langganan via email

Enter your email address: