Lebaran 2012 : Apa yang perlu anda ketahui tentang Pembantu Musiman - Pembantu Infal?

Judul :Lebaran 2012 : Apa yang perlu anda ketahui tentang Pembantu Musiman - Pembantu Infal?. Label: , .
Pembantu infal adalah pembantu yang khusus dipekerjakan saat mudik dan Lebaran. Biasanya mereka bekerja musiman, antara satu hingga dua pekan, untuk menggantikan pembantu reguler yang sedang pulang kampung. Untuk mendapatkan pembantu infal ternyata juga tidak mudah. Mulai dari mencari orang di kampung-kampung terdekat yang bersedia menjadi pembantu dadakan hingga ke yayasan penyedia pembantu.

Untuk pemilihan pembantu infal, banyak hal yang kudu dipahami untuk meminimalisir kemungkinan ada masalah dikemudian hari. Berikut hal-hal yang patut dipertimbangkan dalam menggunakan jasa pembantu infal atau pembantu musiman disajikan oleh 
http://bacaankeluarga.blogspot.com :


Tanggung Jawab
Syarat pertama dan utama adalah tanggung jawab, baik sang pembantu atau pun penyalurnya sehingga jika pada kemudian hari terjadi apa-apa bisa ada yang bertanggung jawab. Mungkin memang susah untuk menilai apakah pembantu infal yang kita pilih itu bertanggungjawab atau tidak , namun dengan sedikit wawancara , mengamati tata perilakunya serta membuat komitmen awal dengan mereka sebelum mereka bekerja adalah cara yang efektif untuk mengunci mereka agar melakukan tugas sesuai jobdes atau kontrak kerjanya.



Penyalur juga harus dalam pengamatan kita , bagaimana mereka melayani , merespons pertanyaan dan tentunya track recordsnya karena tidak sedikit mereka yang nakal bahkan menipu. Perhatikan kontrak yang ditawarkan dan cari info lebih banyak tentang perusahan sang penyalur.


Rekam Jejak
Rekam jejak adalah penting , mengetahui jatidiri sang pembantu dengan cara mewawancarai calon pembantu, terutama soal identitasnya ( KTP , keluarga yang bisa dihubungi dll ~ Jadi, bila melakukan pencurian atau tindakan kriminal di rumah majikan, mereka akan mudah dilacak.) adalah hal penting agar kita tidak salah memasukkan penjahat kedalam rumah kita. Oleh sebab itu pembantu infal itu lebih efektif jika dia adalah tetangga , saudara jauh atau orang yang sudah kita kenal yang memang memungkin untuk membantu urusan kita.

Harga
Berhubung kriteria yang diinginkan oleh calon majikan dan juga tingginya permintaan, otomatis harga khusus untuk jasa pembantu infal ini akan melambung tinggi. Hal ini kudu dikalkulasi diawal sebelum menghubungi pihak penyalur dan itu termasuk biaya administrasi yang bisa mencapai 500 ratus rib hingga 1,5jt rupiah.

Harga pembantu bersih-bersih tentunya beda dengan pembantu yang mengurusi anak atau kerap disebut baby sitter, dan untuk mensiasati harga biasanya dari pihak penyalur mengeluarkan kebijakan harga paket yang diharapkan menjadi titik temu harga antara kedua belah pihak , penyewa dan penyalur.



Garansi
Anda harus meminta garansi bahwa pembantu infal yang dipesan haruslah sesuai kriteria yang kita inginkan. Misalnya, ada orang yang ingin pembantu infal yang bisa memasak gulai, ternyata ketika sudah diajak ke rumah si pembantu tersebut tidak bisa memasak gulai. Meski biasanya hanya berlaku satu kali tapi setidaknya bisa bermanfaat jika pembantu yg diterima tidak cocok ( Biasanya jika ada yang bolak-balik meminta ganti oleh penyalur tidak akan melayani dengan alasan sudah tidak ada , atau bahkan dimasukkan dalam kontrak ). Oleh sebab itu mewawancarai pembantu infal adalah penting sebab dari sinilah kita bisa tau apakah mereka cocok atau tidak cocoknya sesuai kriteria kita.

Tip Mempekerjakan Pembantu Infal

Meskipun agen penyalur pembantu rumah tangga, saat ini, menyediakan cukup banyak tenaga pembantu infal, ada baiknya Anda memastikan bahwa PRT tersebut memang memiliki keahlian yang Anda butuhkan. Berikut tip memilih pembantu infal

  • Analisis kebutuhan Anda. Misalnya Anda membutuhkan PRT, suster, atau baby sitter. Tentukan pekerjaan mereka, plus jangka waktu penggunaan.
  • Carilah lembaga penyalur pembantu yang benar-benar kredibel. Anda bisa memperolehnya melalui rekomendasi teman, saudara, atau tetangga. Teliti persyaratan dan perjanjian yang mereka ajukan.
  • Datang langsung. Pilihlah pekerja sesuai dengan kebutuhan dan kriteria Anda. Setelah itu lakukan negosiasi seputar harga maupun tugas mereka. Datang langsung akan membuat Anda leluasa memilih tenaga infal yang cocok.
  • Perhatikan latar belakang dan pengalaman kerja mereka untuk memastikan bahwa mereka terbiasa bekerja di lingkungan yang sama dengan Anda.

Semoga bermanfaat,

Langganan via email

Enter your email address: