Maritim Indonesia : Raja Ampat - Keindahan Expedisi Bawah Laut

Judul :Maritim Indonesia : Raja Ampat - Keindahan Expedisi Bawah Laut. Label: , , , .
Raja Ampat atau 'Empat Raja' adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia berduyun-duyun datang ke ini untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan. Dua hari sebelumnya, saat Anda berada di Bali yang ramai sekaligus sakral berbalut seni maka naiklah pesawat menuju ujung kepala burung Pulau Papua. Selanjutnya, bersiaplah untuk sebuah petualangan yang takkan terlupakan. Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertical itu. Rasakan juga ketegangan menyelamnya, berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut. Itu pastinya akan menjadi pengalaman pribadi yang tak terlupakan di Raja Ampat.


Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Akomodasi


Saat ini di Saonek Monde terdapat sebuah pelabuhan dimana sedang dibangun 3 resor di Pulau Nyandebabo yaitu Batbitiem, Waiwo dan Waigeo Selatan. Akan tetapi, selama belum selesai pembangunannya maka sementara Anda dapat tinggal di beberapa tempat berikut ini.

  • Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya
  • Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air
  • Perkemahan pulau
  • Boathouse atau rumah perahu (banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan jasa ini)

Meskipun Raja Ampat tidak sangat ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.

Transportasi


Jika Anda terbang dari Jakarta yang memakan waktu 6 jam penerbangan dari Sorong dan berhenti di Manado. Atau, Anda dapat mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana. Sorong seperti layaknya kota lain dimana Anda bisa mendapatkan hampir segalanya di sini, meskipun dengan harga yang lebih mahal karena letaknya yang terpencil.

Terdapat feri yang berangkat setiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri berangkat dari Sorong pada pukul 13.00, perjalanan dari Sorong ke Waisai memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai sekitar pukul 11.00 pagi. Di Sorong juga tersedia speedboat untuk disewakan.

Terbang dari Jakarta/Bali ke Sorong yang disambung dengan penerbangan di Makassar atau Manado yang disediakan oleh:

1. Merpati
2. Express Air
3. Batavia Air
4. Lion Air
5. Wings Air
6. Silk Air
7. Garuda Indonesia
8. Pelita Air

Koleksi Foto Keindahan Raja Ampat









Sumber:kaskus


Langganan via email

Enter your email address: