Lebaran 2012 : Kiat ditinggal pembantu mudik

Judul :Lebaran 2012 : Kiat ditinggal pembantu mudik. Label: , .

kiat-kiat ditinggal pembantu mudik , tips dan triks ketika pembantu mudik
Bagaimanakah kiat-kiat ditingal pembantu mudik? Apa Tips dan ide agar suasan lebaran tetap indah meski banyak yang harus di urus dengan mengurus banyak tenaga? Lebaran menjadi repot ketika rumah tidak ada yang ngurusi mulai dari cuci piring , sapu - ngepel , cuci pakaian , jemuran , setrikaan , ngurusin anak-anak , masak dll. Rumah menjadi berantakan dan seakan-akan di hari yang indah berubah menjadi hari yang berat dan menyiksa. 


Berikut ini kiat-kiat mengurus rumah yang ditinggal pembantu mudik disajikan oleh http://bacaankeluarga.blogspot.com:


Menikmati semua kerepotan
Yang pertama kali dipahami adalah kerepotan itu hanya terjadi setahun sekali jadi kenapa tidak dinikmati saja? Repot sih tapi kalau dinikmati akan terasa mudah. Lebih baik mengerjakan segala sesuatu dengan hati senang. Berusaha menikmati setiap tugas yang harus dikerjakan. Misalnya, anggap saja olahraga gratis saat harus menyapu dan mengepel rumah. Disamping rumah bersih sekaligus membakar lemak di tubuh.

Memang disatu sisi kita repot, tapi ada baiknya mencoba memahami kebutuhan pembantu. Setahun penuh bekerja dan hanya libur panjang saat idul fitri. Jika anda berada dalam posisi yang sama, tentunya akan sangat berharap bisa mudik untuk sekedar berlibur sejenak dan melepas kangen dengan keluarga mereka. Jangan lupa juga Moms, berikan THR untuk pembantu Mommy, berbagi rejeki di bulan Ramadhan.


So , menikmati adalah langkah awal ketika anda ditinggal pembantu mudik.


Atur jadwal kepulangan pembantu
Jika pembantu lebih dari satu, ada baiknya mengatur bergantian jadwal pulang mereka. Namun, sesuaikan dengan keadaan mereka. Karena kepulangan setahun sekali pada waktu hari raya merupakan satu-satunya liburan yang menyenangkan, serta bertemu dengan keluarga yang sudah lama tidak ketemu.


Cari pembantu cadangan - Pembantu infal
Untuk yang satu ini memang biayanya sedikit mahal. Membayar pembantu khusus yang mau bekerja hanya selama mudik lebaran. Namun anda harus hati-hati memilihnya. Selektif apalagi jika ada si kecil yang harus dirawat.

Berbagi tugas
Membagi pekerjaan rumah tangga dengan suami atau anak-anak jika memang sudah cukup besar untuk mengerjakan sesuatu. Sekaligus dapat melatih anak bertanggung jawab dan mandiri. Buat daftar pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan dan bagikan pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan masing-masing orang.


Cari bantuan keluarga terdekat
Kalau memang bisa tidak ada salahnya anda meminta bantuan keluarga terdekat misalnya untuk ikut menjaga si kecil. Jika anda dan suami sama-sama bekerja, bisa menitipkan si kecil kepada keluarga terdekat untuk menjaga dan merawatnya selama pembantu mudik.

Atur jadwal cuti
Jika memungkinkan untuk anda dan suami sama-sama cuti selama pembantu mudik akan sangat menyenangkan. Namun, jika tidak memungkinkan atur jadwal cuti bergantian.

Borong belanjaan
Untuk anda yang sibuk bekerja, ada baiknya memborong langsung belanjaan untuk makanan dalam jumlah lumayan banyak. Persiapan untuk seminggu atau dua minggu saat ditinggal pembantu mudik lebaran. Jika memang anda tidak punya waktu untuk memasak sendiri, bisa juga berlangganan catering. Pastikan saja catering yang bersih dan terjamin, jauh lebih baik daripada setiap hari anda membeli makanan di sembarang tempat.

Belilah bahan makanan, dan simpan di lemari es sebagai persediaan. Dengan begitu Anda tidak akan kerepotan karena harus berbelanja setiap hari. agar makanan tahan lama, perhatikan hal-hal berikut.
  • Pilihlah bahan makanan yang betul-betul baik (Segar dan tidak busuk). Misalnya kentang, pilihlah yang tidak berlubang dan tidak mengandung ulat. sedang untuk ikan pilihlah yang masih kenyal.
  • Simpan sayuran atau daging dalam wadah kedap udara. karena masuknya udara membuka peluang tumbuhnya mikroba yang merusak makanan.
  • Khusus untuk daging, ayam atau ikan, akan lebih praktis bila disimpan setelah dibumbui.
  • Simpanlah sayuran di dalam lemari pendingin, di tempat khusus untuk menyimpan sayuran.
  • Bahan makanan kering, seperti kerupuk, emping, abon, kacang atau makaroni, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di lemari yang tidak lembab.




Libatkan Keluarga Besar
Jika anak-anak masih kecil atau ada bayi, dan Anda merasa kerepotan, komunikasikan kesulitan Anda pada keluarga besar Anda. Jelaskan dengan baik bahwa Anda membutuhkan bantuan mereka selama tidak ada pembantu. sehingga mereka tidak merasa keberatan. Misalnya mengajak kakek-nenek atau keponakan yang sudah remaja ke rumah untuk menjaga si kecil, atau titipkan saja si kecil di rumah mereka selama Anda bekerja.


Jangan lupa bawa perlengkapan si kecil selama menginap. Dengan begitu saudara yang Anda titipi tidak merasa direpotkan. Melibatkan keluarga besar juga bermanfaat untuk mempererat kekeluargaan dan mendekatkan anak-anak dengan saudara-saudaranya.


Jangan Panik dan Cemas
Kunci utama adalah kendalikan diri Anda, jangan merasa panik dan cemas hanya karena tidak ada pembantu. karena kepanikan dan kecemasan justru akan membuat pekerjaan terbengkalai dan akhirnya stres. anggaplah kepulangan pembantu sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota keluarga yang selama ini sering ditinggalkan.


Jangan Terlalu Sering Berganti Pakaian
Bila sering berganti pakaian, bisa-bisa suami atau siapa pun yang bertugas mencuci pakaian akan marah-marah, karena cuciannya jadi banyak.


Selain itu, usahakan tidak memakai pakaian yang berlapis-lapis dan pilihlah pakaian yang berbahan sederhana yang tidak sulit mencucinya atau menyeterikanya.


Kiat-kita ditinggal pembantu ini terbukti efektif tapi anda bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan dan kondisi yang anda alami , yang terpenting adalah kiat yang paling awal yaitu menikmati. Kondisi ini membuat anda secara langsung mengembalikan posisi anda sebagai ibu rumah tangga tunggal yang  harus repot mengurusi semuanya tapi yakin kenikmatan melihat keluarga ceria , ketawa dan berkumpul dengan anggota keluarga besar kita dihari raya lebaran akan anda rasakan dan mampu menghapus rasa lelah melakukan semua itu. Selamat menikmati lebaran 2012


Semoga bermanfaat,

Langganan via email

Enter your email address: